Jenis Distribusi – Aktivitas distribusi merupakan kegiatan untuk
memindahkan suatu barang dari satu pihak ke pihak lain. Dalam konteks manajemen
perusahaan atau manajemen pemasaran, distribusi adalah aktivitas menyalurkan
produk dari produsen ke konsumen. Segala teori mengenai distribusi telah
dibahas pada artikel : Pengertian Distribusi,Saluran, Fungsi, Kegiatan dan Contohnya.
Sunday, November 19, 2017
Berbagai Jenis Distribusi Pemasaran
Setelah mengetahui dan
memahami tentang distribusi maka selanjutnya adalah memahami apa saja jenis
jenis distribusi yang muncul. Pemahaman mengenai jenis distribusi perlu
diketahui untuk mengatur manajemen distribusi sesuai dengan jenisnya.
Pada umumnya jenis distribusi
dibagi menjadi dua yaitu jenis distribusi menurut kegiatannya dan jenis
distribusi menurut sistem distribusi.
Jenis Distribusi Menurut
Kegiatan
Pada jenis distribusi ini,
dibagi kembali menjadi tiga jenis distribusi yaitu :
1.
Mass Distribution. Aktivitas distribusi yang dapat
diakses dan dilakukan oleh setiap orang dimanapun berada karena jenis
distribusi ini memang diperuntukkan untuk khalayak banyak.
2.
Selective Distribution.Jenis distribusi yang
dilakukan di beberapa tempat khusus saja.
3.
Esclusive Distribution. Kegiatan distribusi yang
hanya dilakukan oleh orang/sekelompok tertentu yang memiliki izin atau secara
sah melakukan kegiatan distribusi tersebut.
Jenis Distribusi Menurut
Sistem Distribusi
Sama halnya dengan jenis
distribusi menurut kegiatan, pada jenis distribusi menurut sistem juga dibagi
menjadi tiga jenis distribusi yaitu :
1.
Jenis Distribusi Langsung.
Aktivitas distribusi yang menyalurkan barang tanpa melalui perantara baik
secara individu maupun lembaga. Kegiatan distribusi dilakukan oleh pihak
pertama/pemilik barang yang menyalurkan sendiri barang ke pihak kedua/konsumen.
2.
Jenis Distribusi Semi
Langsung. Jenis
distribusi ini merupakan penyaluran barang milik pihak pertama/produsen ke
pihak penerima/konsumen melalui perantara yang dimiliki oleh pihak pertama.
Saluran pemasaran pada jenis distribusi ini merupakan bagian dari pihak
pertama.
3.
Jenis Distribusi Tidak
Langsung. Pada jenis distribusi tidak langsung, kegiatan distribusi
dari pihak pertama ke pihak penerima dilakukan melalui perantara yang bukan
berasal dari pihak pertama. Dapat dikatakan bahwa lembaga pemasaran pada jenis
distribusi ini adalah pihak luar atau pihak yang berbeda dengan pihak pertama.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment