Sunday, November 19, 2017

Berbagai Jenis Distribusi Pemasaran

Jenis Distribusi – Aktivitas distribusi merupakan kegiatan untuk memindahkan suatu barang dari satu pihak ke pihak lain. Dalam konteks manajemen perusahaan atau manajemen pemasaran, distribusi adalah aktivitas menyalurkan produk dari produsen ke konsumen. Segala teori mengenai distribusi telah dibahas pada artikel : Pengertian Distribusi,Saluran, Fungsi, Kegiatan dan Contohnya.

Setelah mengetahui dan memahami tentang distribusi maka selanjutnya adalah memahami apa saja jenis jenis distribusi yang muncul. Pemahaman mengenai jenis distribusi perlu diketahui untuk mengatur manajemen distribusi sesuai dengan jenisnya.

Pada umumnya jenis distribusi dibagi menjadi dua yaitu jenis distribusi menurut kegiatannya dan jenis distribusi menurut sistem distribusi.

 

Jenis Distribusi Menurut Kegiatan

Pada jenis distribusi ini, dibagi kembali menjadi tiga jenis distribusi yaitu :

1.      Mass Distribution. Aktivitas distribusi yang dapat diakses dan dilakukan oleh setiap orang dimanapun berada karena jenis distribusi ini memang diperuntukkan untuk khalayak banyak.

2.      Selective Distribution.Jenis distribusi yang dilakukan di beberapa tempat khusus saja.

3.      Esclusive Distribution. Kegiatan distribusi yang hanya dilakukan oleh orang/sekelompok tertentu yang memiliki izin atau secara sah melakukan kegiatan distribusi tersebut.

Jenis Distribusi Menurut Sistem Distribusi

Sama halnya dengan jenis distribusi menurut kegiatan, pada jenis distribusi menurut sistem juga dibagi menjadi tiga jenis distribusi yaitu :

1.      Jenis Distribusi Langsung. Aktivitas distribusi yang menyalurkan barang tanpa melalui perantara baik secara individu maupun lembaga. Kegiatan distribusi dilakukan oleh pihak pertama/pemilik barang yang menyalurkan sendiri barang ke pihak kedua/konsumen.

2.      Jenis Distribusi Semi Langsung. Jenis distribusi ini merupakan penyaluran barang milik pihak pertama/produsen ke pihak penerima/konsumen melalui perantara yang dimiliki oleh pihak pertama. Saluran pemasaran pada jenis distribusi ini merupakan bagian dari pihak pertama.

3.      Jenis Distribusi Tidak Langsung. Pada jenis distribusi tidak langsung, kegiatan distribusi dari pihak pertama ke pihak penerima dilakukan melalui perantara yang bukan berasal dari pihak pertama. Dapat dikatakan bahwa lembaga pemasaran pada jenis distribusi ini adalah pihak luar atau pihak yang berbeda dengan pihak pertama.



No comments:

Post a Comment